chitika

Selasa, 31 Juli 2012

Pecahan Rp. 500 Bergambar Monyet

Sekarang lagi banyak polemik tentang keberadaan uang Rp. 500 tahun 1991 yang katanya ada gambar monyet. Setahu saya uang pecahan 500 yang beredar dulu tidak ada yang bergambar monyet, tapi bergambar orang hutan, informasi mengenai beredarnya uang pecahan 500 ini sangat heboh sehingga banyak orang yang mencari barang tersebut karena konon harganya yang fantastis, kalau tidak di jual katanya bisa untuk ritual mendatangkan uang dari bank ghaib.
Menurut saya ini permasalahan ini perlu disikapi secara bijak oleh kita, jangan terburu-buru tergiur dengan uang yang berlebel ratusan juta. Mari kita telaah dan diskusikan dulu secara akal sehat gambar-gambar di bawah ini:

ini adalah contoh 1


berikut ini adalah contoh perbandingan antara gambar orang hutan dengan gambar monyet:

ini adalah contoh perbandingan dari gambar monyet jenis lain


ini adalah pecahan rupiah tahun 1957

Dari contoh di atas gambar monyet di bawah sangatlah mirip dengan gambar monyet di atas, dan dari gambar di atas tentunya kita bisa menarik kesimpulan, apakah keberadaan dari uang tersebut memang ada atau hanya sekedar isu saja. Kalau mungkin butuh lebih jelas, bisa unduh gambar ini trus buka dengan photoshop trus pilih auto level, maka akan tampak jelas sekali disitu kepterangannya.
Sebelum menulis tentang uang pecahan 500 ini saya telah bertanya pada seorang kolektor uang RI, bahwa tidak ada pecahan 500 yang bergambar monyet, yang ada adalah bergambar orang hutan. Saya juga bertanya kepada teman saya yang kebetulan punya koneksi pada BI, jawaban teman saya adalah sama dengan kolektor uang RI tersebut.
Sekarang semuanya kembali kepada kita, yang meyakini uang pecahan 500 bergambar monyet ada, silahkan tentunya dengan alasan-alasan yang mungkin saya tidak tahu. Dan yang merasa pecahan 500 bergambar monyet tidak ada, juga silahkan saja.

Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf, karena saya termasuk orang awam terhadap barang-barang beginian, dan lebih sebagai seorang pengamat saja. Mungkin teman-teman yang bergerak di bidang ini tahu lebih banyak dari saya.

22 komentar:

  1. saya punya uang monyet keluaran 91 pny mendiang kakek, sejarahnya uang itu d simpan kakek katanya uang itu beredar sebentar bgt ttp g prnh keluar lg dan gambar orng utan 92 yg jd nilai tukar d pasaran.skrng sy udh dewasa jd penasaran karena d katalog bank BI uang keluaran 91 itu g prnh ada.pernah ad 4 org menawar uang 91 milik sy dgn nominal yg mmbuat manusia matre bertobat.tp sy tolak krn syok dan penasaran dgn uang ini.penasaran, besoknya sy tarik tunai d bank mandiri sekalian mau menanyakan uang yg keluaran 91 ini.dan yg mengecek uang itu merasa heran dgn uang ini.dia bilang asli ttpi dia g pernah tau adanya uang keluaran 91 ini.msh penasaran sy cek bank bri dan dia bilang ini uang asli,malah dia balik brrty "ibu dpt uang ini drmn".msh penasaran sy coba iseng ke penjual uang kuno kaki lima d wilayah bdng dan trny uang 91 itu ad di jual tp syg nya uang itu palsu.dan penjual itu berkata klw uang 91 ini bnyk yg nyari buat koleksilah buat hal-hal berbau mistislah makanya bnyk beredar uang palsu keluaran 91 ini.dan sy tidak akan mengatakan uang sy ini asli tetapi uang ini akan menjadi bagian yg indah dlm hidup sy.kenangan dr mendiang kakek sy.untuk mempertanggung jwabkan komentar sy,beberapa hari ke depan sy akan upload photo lewat akun fb.dgn catatan bukan akun fb sy yg asli krn uang yg sy pny bukan untuk d jual.tunggu link fb nya y...

    BalasHapus
  2. Terimakasih Bro Anonim...he8x...ditunggu update link FB-nya...biar kita-kita gak penasaran...

    BalasHapus
  3. aku ada nih 500 monyet th 1990 http://www.kaskus.co.id/post/50fe8ca10975b4ad06000011#post50fe8ca10975b4ad06000011

    BalasHapus
  4. saya punya bang uang 500 th 91 gambar monyet masih mulus & bagus kalau emas berminat , nie fb ku sandisedut@yahoo.com TQ

    BalasHapus
  5. beneraan yah laku mahal yg gambar monyet ? sy punya juga niih 500 rupiah kertas tapi thnnya 92 , dan sy suka mengkoleksi uang2 kertas jika mw ditarik dari peredaran , buatkenang2an aja , ada 20ribuan gmbr cengkeh , 10ribuan kartini , 10ribuan yg merah , 5 ribuan gmbr kapal , 500 gmbr monyet , 100 rupiah kerts juga punya .. yg nyesel sy tuker dulu 50ribuan ganbar pak harto , yg plastiik takut gak laku jadi sy tuker deh ke bang .

    BalasHapus
  6. MUNGKIN KLO ADA YG BILANG UANG 500 YG GAMBAR MONYET HANYALAH MENCARI SENSASI SAJA, SOALNYA TIDAK PERNAH SAYA MENDENGAR ADA UANG 500 YG GAMBAR MONYET....
    YG ADA YG GAMBAR ORANG UTAN.... SOALNYA SAYA JUGA PUNYA UANG ITU DAN BAHKAN SY JUGA MASIH PUNYA UANG 500 TH 88 YG GAMBAR RUSA....

    BalasHapus
  7. saya lihat di gambar uang 500 yang katanya ber gambar monyet,di kiri bawah masih terlihat sepotong gambar tangan/jari telunjuk ma jempol kanan orang utan.editan nya kurang rapi

    BalasHapus
  8. Saya Punya Uang BI 500 Rupiah tahun 1991
    gambar monyet gantung dan dibelakang gambar rumah adat Kalimantan Timur.

    Asli, kalo di UV akan kelihatan cacing-cacing sepanjang ± 1cm, warna hijau terang dan biru terang acak,

    Harga jual Rp. 1 Juta /Lembar.
    HP : 0852-66997088
    dibawah ada tulisan percetakan IMP 1991
    websiteku : http://lelang-uangkuno.blogspot.com/
    uang belanda (Wilhelmina dan William) juga ada.
    gambar monyet memang ada dan bukan rekayasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa anda bisa menjamin itu asli?
      kalo anda yakin hubungi saya 087872100245

      Hapus
  9. sy btuh uang 500 th 91. monyet gelantung. monyet warna coklat. bukan hijau atau hitam dsb.
    hub 0812 8860 4063

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy ada uang 500 th 1991 gambar monyet coklat, untuk fotonya bs d cek d fb :https://www.facebook.com/amang.persib?hc_location=timeline , masalah asli atw rekayasa sih ga tau 085315256289

      Hapus
  10. Ada gk yg msi punya uang di atas ?? Saya beli 800.000.. 1 lembar... Pin. 25cfb41b
    Di tunggu scepatnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya punya uang 500 th 1991 monyet gelantungan,hub saya di 082133424433 jika anda memang serius..bisa liat barang sebelum beli

      Hapus
  11. saya knal sama org yg mau bayarin gopeannya. tp syaratnya uang itu g boleh dapet dr beli klo klo minjem baru bisa. dan kmarin ada satu org dari daerah jawa tengah yg udah transaksi

    BalasHapus
  12. Kalau mau pasti uang dicari itu tanyakan saja di bank BI, sebab jawaban mereka pastilah benar dan bisa dipertanggung jawabkan jangan hanya rekayasa saja, untuk para agan-agan jgn lg tertipu ya

    BalasHapus
  13. Say punya 500 th. 1982 heehehe

    BalasHapus
  14. Pecahan uang 500 thn74 bergambar monyet yang ada tulisan monyet di bawah gambar ny sedang saya butuhkan


    Hub: 08888333474

    BalasHapus
  15. saya punya uang Rp.500 tahun 1991 (monyet gelantungan) minat hubungi saya ke nomor 085356789555

    BalasHapus
  16. kalau msh ada,saya beli 2 juta 1 lembar....hubungi saya 082225887138,,,

    BalasHapus