chitika

Selasa, 31 Juli 2012

Pecahan Rp. 500 Bergambar Monyet

Sekarang lagi banyak polemik tentang keberadaan uang Rp. 500 tahun 1991 yang katanya ada gambar monyet. Setahu saya uang pecahan 500 yang beredar dulu tidak ada yang bergambar monyet, tapi bergambar orang hutan, informasi mengenai beredarnya uang pecahan 500 ini sangat heboh sehingga banyak orang yang mencari barang tersebut karena konon harganya yang fantastis, kalau tidak di jual katanya bisa untuk ritual mendatangkan uang dari bank ghaib.
Menurut saya ini permasalahan ini perlu disikapi secara bijak oleh kita, jangan terburu-buru tergiur dengan uang yang berlebel ratusan juta. Mari kita telaah dan diskusikan dulu secara akal sehat gambar-gambar di bawah ini:

ini adalah contoh 1


berikut ini adalah contoh perbandingan antara gambar orang hutan dengan gambar monyet:

ini adalah contoh perbandingan dari gambar monyet jenis lain


ini adalah pecahan rupiah tahun 1957

Dari contoh di atas gambar monyet di bawah sangatlah mirip dengan gambar monyet di atas, dan dari gambar di atas tentunya kita bisa menarik kesimpulan, apakah keberadaan dari uang tersebut memang ada atau hanya sekedar isu saja. Kalau mungkin butuh lebih jelas, bisa unduh gambar ini trus buka dengan photoshop trus pilih auto level, maka akan tampak jelas sekali disitu kepterangannya.
Sebelum menulis tentang uang pecahan 500 ini saya telah bertanya pada seorang kolektor uang RI, bahwa tidak ada pecahan 500 yang bergambar monyet, yang ada adalah bergambar orang hutan. Saya juga bertanya kepada teman saya yang kebetulan punya koneksi pada BI, jawaban teman saya adalah sama dengan kolektor uang RI tersebut.
Sekarang semuanya kembali kepada kita, yang meyakini uang pecahan 500 bergambar monyet ada, silahkan tentunya dengan alasan-alasan yang mungkin saya tidak tahu. Dan yang merasa pecahan 500 bergambar monyet tidak ada, juga silahkan saja.

Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf, karena saya termasuk orang awam terhadap barang-barang beginian, dan lebih sebagai seorang pengamat saja. Mungkin teman-teman yang bergerak di bidang ini tahu lebih banyak dari saya.

88 komentar:

  1. saya punya uang monyet keluaran 91 pny mendiang kakek, sejarahnya uang itu d simpan kakek katanya uang itu beredar sebentar bgt ttp g prnh keluar lg dan gambar orng utan 92 yg jd nilai tukar d pasaran.skrng sy udh dewasa jd penasaran karena d katalog bank BI uang keluaran 91 itu g prnh ada.pernah ad 4 org menawar uang 91 milik sy dgn nominal yg mmbuat manusia matre bertobat.tp sy tolak krn syok dan penasaran dgn uang ini.penasaran, besoknya sy tarik tunai d bank mandiri sekalian mau menanyakan uang yg keluaran 91 ini.dan yg mengecek uang itu merasa heran dgn uang ini.dia bilang asli ttpi dia g pernah tau adanya uang keluaran 91 ini.msh penasaran sy cek bank bri dan dia bilang ini uang asli,malah dia balik brrty "ibu dpt uang ini drmn".msh penasaran sy coba iseng ke penjual uang kuno kaki lima d wilayah bdng dan trny uang 91 itu ad di jual tp syg nya uang itu palsu.dan penjual itu berkata klw uang 91 ini bnyk yg nyari buat koleksilah buat hal-hal berbau mistislah makanya bnyk beredar uang palsu keluaran 91 ini.dan sy tidak akan mengatakan uang sy ini asli tetapi uang ini akan menjadi bagian yg indah dlm hidup sy.kenangan dr mendiang kakek sy.untuk mempertanggung jwabkan komentar sy,beberapa hari ke depan sy akan upload photo lewat akun fb.dgn catatan bukan akun fb sy yg asli krn uang yg sy pny bukan untuk d jual.tunggu link fb nya y...

    BalasHapus
  2. Terimakasih Bro Anonim...he8x...ditunggu update link FB-nya...biar kita-kita gak penasaran...

    BalasHapus
  3. aku ada nih 500 monyet th 1990 http://www.kaskus.co.id/post/50fe8ca10975b4ad06000011#post50fe8ca10975b4ad06000011

    BalasHapus
  4. saya punya bang uang 500 th 91 gambar monyet masih mulus & bagus kalau emas berminat , nie fb ku sandisedut@yahoo.com TQ

    BalasHapus
  5. beneraan yah laku mahal yg gambar monyet ? sy punya juga niih 500 rupiah kertas tapi thnnya 92 , dan sy suka mengkoleksi uang2 kertas jika mw ditarik dari peredaran , buatkenang2an aja , ada 20ribuan gmbr cengkeh , 10ribuan kartini , 10ribuan yg merah , 5 ribuan gmbr kapal , 500 gmbr monyet , 100 rupiah kerts juga punya .. yg nyesel sy tuker dulu 50ribuan ganbar pak harto , yg plastiik takut gak laku jadi sy tuker deh ke bang .

    BalasHapus
  6. MUNGKIN KLO ADA YG BILANG UANG 500 YG GAMBAR MONYET HANYALAH MENCARI SENSASI SAJA, SOALNYA TIDAK PERNAH SAYA MENDENGAR ADA UANG 500 YG GAMBAR MONYET....
    YG ADA YG GAMBAR ORANG UTAN.... SOALNYA SAYA JUGA PUNYA UANG ITU DAN BAHKAN SY JUGA MASIH PUNYA UANG 500 TH 88 YG GAMBAR RUSA....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo 500 gambar monyet gelàntung kykx mang palsu. Cb anda periksa gambar monyet gelantung itu edit. Lihat gambarnya di pojok kiri itu ada gambar sisa telapak tangan kanan gambar urang utan.
      Jd yg aali uang 500 gambar urang utan.

      Uang 500 gambar monyet gelantungan itu di copy paste dr gambar uang 5rupiah thn 1957.

      Hapus
    2. Klo 500 gambar monyet gelàntung kykx mang palsu. Cb anda periksa gambar monyet gelantung itu edit. Lihat gambarnya di pojok kiri itu ada gambar sisa telapak tangan kanan gambar urang utan.
      Jd yg aali uang 500 gambar urang utan.

      Uang 500 gambar monyet gelantungan itu di copy paste dr gambar uang 5rupiah thn 1957.

      Hapus
    3. Ada uang 100000 tahn 1997 buatan swis betithu ya, jual berspa

      Hapus
  7. saya lihat di gambar uang 500 yang katanya ber gambar monyet,di kiri bawah masih terlihat sepotong gambar tangan/jari telunjuk ma jempol kanan orang utan.editan nya kurang rapi

    BalasHapus
  8. Saya Punya Uang BI 500 Rupiah tahun 1991
    gambar monyet gantung dan dibelakang gambar rumah adat Kalimantan Timur.

    Asli, kalo di UV akan kelihatan cacing-cacing sepanjang ± 1cm, warna hijau terang dan biru terang acak,

    Harga jual Rp. 1 Juta /Lembar.
    HP : 0852-66997088
    dibawah ada tulisan percetakan IMP 1991
    websiteku : http://lelang-uangkuno.blogspot.com/
    uang belanda (Wilhelmina dan William) juga ada.
    gambar monyet memang ada dan bukan rekayasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa anda bisa menjamin itu asli?
      kalo anda yakin hubungi saya 087872100245

      Hapus
  9. sy btuh uang 500 th 91. monyet gelantung. monyet warna coklat. bukan hijau atau hitam dsb.
    hub 0812 8860 4063

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy ada uang 500 th 1991 gambar monyet coklat, untuk fotonya bs d cek d fb :https://www.facebook.com/amang.persib?hc_location=timeline , masalah asli atw rekayasa sih ga tau 085315256289

      Hapus
  10. Ada gk yg msi punya uang di atas ?? Saya beli 800.000.. 1 lembar... Pin. 25cfb41b
    Di tunggu scepatnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya punya uang 500 th 1991 monyet gelantungan,hub saya di 082133424433 jika anda memang serius..bisa liat barang sebelum beli

      Hapus
  11. saya knal sama org yg mau bayarin gopeannya. tp syaratnya uang itu g boleh dapet dr beli klo klo minjem baru bisa. dan kmarin ada satu org dari daerah jawa tengah yg udah transaksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawa tngahnya mna.tmn saya ad gan 087873636084

      Hapus
  12. Kalau mau pasti uang dicari itu tanyakan saja di bank BI, sebab jawaban mereka pastilah benar dan bisa dipertanggung jawabkan jangan hanya rekayasa saja, untuk para agan-agan jgn lg tertipu ya

    BalasHapus
  13. Say punya 500 th. 1982 heehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya tahun 1902 hijriyah 500rupiah gambar monyet

      Hapus
  14. Pecahan uang 500 thn74 bergambar monyet yang ada tulisan monyet di bawah gambar ny sedang saya butuhkan


    Hub: 08888333474

    BalasHapus
  15. saya punya uang Rp.500 tahun 1991 (monyet gelantungan) minat hubungi saya ke nomor 085356789555

    BalasHapus
  16. kalau msh ada,saya beli 2 juta 1 lembar....hubungi saya 082225887138,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada gan uang 500 monyet gantung th91,, n uang koin 100 th 71.. Minat hub 083807772866

      Hapus
  17. Saya punya uang kuno 1000 tahun 1958 dan 500 tahun 1992. Pku only minat 081261351747

    BalasHapus
  18. Saya jg ad th 91 monyet gelantung hub 087873636084

    BalasHapus
    Balasan
    1. muhlis abdul aziz18 November 2014 18.58

      bang kbetulan bos saya lgi nyari tuhh, sya sbgai kloktor klo mwu kerjasama bisa hub saya kataya di beli 1 juta tpi uangnya pengen di cek dulu asli gknya hub jha 085814998703

      Hapus
  19. http://uang500monyet.blogspot.com/

    BalasHapus
  20. Saya punya uang kertas 500 rupiah gambar "monyet gelantungan" tahun 1991 dengan uang kertas 100 rupiah tulisan "Perahu layar" tahun 1992...dijual 1 set,..Minat? Hub. 085241829515

    BalasHapus
  21. Maaf sy nyari.uang 500rupia gambar monyet tergantun sy cari tahun 1982 sy berani beli 2 jt klau asli nih nor aq 085'397 380 888 atas nama .p ancha

    BalasHapus
  22. Da sy jh cari uang 100rupia gambar finisi
    Di balik nya gambar badak sy beli harga 250rb 1lembar tapi yg asli lo..nih nor aq anda berminat menjual..085 397 380 888

    BalasHapus
  23. Saya punya uang soekarno rp1000,thn 1964. Bisa menggulung minat sms ke +6282299272724.

    BalasHapus
  24. Saya punya air Mani gajah minat sms/tlp ke 082299272724. Trima ksih.

    BalasHapus
  25. saya punya uang:

    Rp. 500 gambar orang utan & rumah adat kalimantan timur tahun 1992.
    Rp. 1000 gambar danau toba & lompat batu pulau nias tahun 1992.
    Rp. 100 gambar perahu pinis & gunung krakatau tahun 1992.
    Rp. 500 gambar cervus timorensis & gedung bank indonesia tahun 1988.

    minat?
    hub:
    raradinda30@gmail.com

    BalasHapus
  26. Saya punya uang 500 gambar monyet bergelantung tahun 1991. uang ini sudah saya bawa ke pihak bank rencananya sih pengen tahu keaslian dari uang ini, palsu atau tidak. dan ternyata keaslian dari uang ini dinyatakan asli dari pihak bank. uang ini saya beli dari temen saya, dan temen saya ini dapet uangnya dari pemberian ayahnya. Kolector? minat?


    Hub :

    WA : 085775578238
    Pin BB : 7F660C91
    LOKASI : Jakarta Utara

    BalasHapus
  27. Saya ada uang lima ratusan gambar orang hutan tahun 1992 minat hub saya pin bb 75bf7576 hp 085291425377

    BalasHapus
  28. assalamualaikum..
    saya mau nawarin uang kertas 100 / 500rupiah thn 1991 gan
    minat hub 087770627029
    suwun..

    BalasHapus
  29. Saya ada nie uang uka uka 500 monyet gelantung th91, uang koin 100 th71, 1000 soekarno yg penari serimpi th64, dan ada juga uang kuno seri budaya, dan uang lainnya.. Minat hubungi 083807772866

    BalasHapus
  30. uang 100 dan 500 ga ad yang th 1990 ya?

    BalasHapus
  31. klo ad 100 dan 500 th 1990. bisa sms ke 08567110359

    BalasHapus
  32. Hubung saya di 085722568001 kalo agan punya brank asli 500 thun berapa aja tpi gambar monyet bukan orank utan dan bisa di pertangunk jawab kan ke aslian nya saya tnkgu secepat ny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ada gan... uang kertas 1991. gambar monyet. bukan orang utan.. lokasi dimna gan? saya lokasi di dumai - riau. no. hp saya. 085278880068

      Hapus
  33. Para kolektor silahkan buka link ini...barang mantap : http://bitly.com/1HUK8rd

    BalasHapus
  34. Dicari,
    Yg punya uang 25 sen tahun 1952 asli
    Hub 085725426183

    BalasHapus
  35. quesnet.net18 Juli 2015 12.04
    Dicari,
    Yg punya uang 25 sen tahun 1952 asli dan 100 rupiah kertas thun 1991 asli

    Hub 085725426183
    Lokasi sragen-solo jawatengah

    BalasHapus
    Balasan
    1. -25 sen tahun 1952 (bahkan saya ada satu set emisi lengkap/th 1952, 1955, 1957)
      -100 rupiah gambar Perahu Layar (bukan Perahu Pinisi) tahun 1991 dengan benang emas tulisan BI 100.
      jika masih mencari item uang tersebut (dan masih banyak lagi macam macam uang kuno kertas dan koin)
      silahkan hubungi saya di :
      edy.soebekti@gmail.com

      Hapus
  36. Saya pnya uang 500 gambar orang utan th 92. Gmbr rusa th 88 stu lmbr. Yg berminat hubungi no ini 085200365334

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambar orang utan ada gk boz yg thn 91

      Hapus
  37. Yg benar yang mana boz..uang 500 thun 1991 ada gk yg bergambar orang utan..trims

    BalasHapus
  38. 100 & 500 ASLI MSNG2 HARGA 3JT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pnya uang 500 th 1992 orang Utan, mau saya mau tuker dg uang baru ( 5 juta aja) Hub 082146459186 ( 5 juta aja)

      Hapus
  39. Saya punya uang 500 orangutan tahun 92 banyak n dijamin asli 100% . Minat 085394054869 (wa) 089658388850
    576731f9

    BalasHapus
  40. saya punya uang 500 gambar orang hutan tahun 1992. dijamin asli 100% . djual mulai harga 1 juta saja. buat kolektor yg masih mncari uang 500 gambar orang hutan thn 1992 silahkan hub. 085708919549. . lokasi surabaya.

    BalasHapus
  41. Saya punya 1000 tahun 1992 yg danau toba.dan 5000 tahun 1994 danau kelimitu . Minat hub:089677559921 .
    Pin:26651186

    BalasHapus
  42. uang 500 rupiah gambar monyet gantung pada dasarnya emang uang asli kawan... tapi uang tersebut udah mengalami sentuhan perubahan (editing) karena untuk memenuhi permintaan pasar dalam perbagai keperluan (mahar, koleksi, klenik, dll)
    dari semua jenis yang diperdebatkan diatas, sebagai kolektor (pemula) saya mempunyai semua nya (bahkan ada yg masih utuh gepokan)...
    mulai yg koin 100 tebal tahun 1971, 100 rupiah kertas gambar perahu layar, hingga yang nominal tertinggi yaitu uang 100.000 rupiah tahun 1997 France.
    berdasar pengamatan saya, uang uang tersebut asalnya memang uang asli, namun udah di edit.
    jika masih kurang percaya dan penasaran, silahkan anda membeli nya dan mengamatinya dengan teliti.

    jika menyoal harga, uang kuno itu harganya relatif...
    walaupun sudah ada panduan harga yang tercantum dalam Katalog Uang Kertas Indonesia, namun murah dan mahalnya tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli. jika kedua belah udah sama sama deal, apalagi yg perlu diperdebatkan...?

    semoga menjadi informasi yang berguna
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. -koin 100 rupiah rumah gadang tebal tahun 1991
      -uang kertas 100 rupiah Perahu Pinisi tahun 1991
      -uang kertas 500 rupiah Monyet Gantung (satu tangan atau dua tangan) dengan gambar belakang rumah adat kalimantan timur, minang dan bukit tinggi, tahun 1991
      -uang kertas dan polymer 50.000 rupiah bergambar belakang pengibar bendera tahun 1991 dan bergambar Suharto berpakaian pramuka dengan gambar belakang berkemah tahun 1991
      -uang polymer 100.000 rupiah Sukarno Hatta dengan tahun 1997 FRANCE maupun yang tanpa tulisan France.
      -dan banyak lagi uang uang jenis lain yang pada dasarnya tidak terdaftar pada Katalog Uang Indonesia keluaran BI adalah uang asli yg telah diedit atau biasa disebut uang UKA UKA.
      yg sebagian besar di cari dan dibutuhkan bukan oleh para kolektor uang kuno, namun dicari dan dibutuhkan sebagian besar adalah untuk kebutuhan dan syarat syarat urusan metafisik atau klenik atau supranatural.

      Hapus
  43. Aq pnya brbgai jenis uang jmn dulu,ada jg merah delima asli,buntat air,buntet mutiara duyung,tulang rusuk duyung,anti basi,kayu telagasari,tanduk2 kijang ganjil,buntet keong,buntet kelapa,jg besi2 hitam dr setrika n kawah..

    BalasHapus
  44. Minat hub.085349441969 pin 52A6202D

    BalasHapus
  45. Berita penting dan tak kalah seru...!!!

    Di cari barang antik dan unik

    1. Anti racun
    2. Anti panas
    3. Anti tembak
    4. Anti rasa
    5. Anti cukur
    6. Ayam cemani
    7.batu giok super
    8.samurai selendang atau roll
    9.merah delima
    10.rantai babi
    11.bulu perindu

    Dan masih banyak lagi
    Yang saya cari...

    No tipu-tipu
    No maen-maen
    No ribet
    No OMDO
    Ini serius dan tidak maen"

    Mungkin anda merasa memilikinya, sanak family anda, saudara anda, tetangga anda, teman anda, ataupun itu yang merasa memilikinya...

    Bisa langsung menghubungi saya
    Proses tidak ribet, langsung transaksi di jakarta

    Akan di hargai tinggi
    Berapapun itu harga nya....!!!!

    083874966790. ( whatsapp. )
    Pin bbm 2bb1753d. Doni
    ( online 24 jam )

    Di tunggu yaa.....
    Terima kasihhhhhhhh

    BalasHapus
  46. law uang china 1 YI ZIAO taon 1980 KA47463323 ..ad yg minat g gan??
    500 taon 91 koin bunga melati
    .

    BalasHapus
  47. Tapi saya adaa lho broo...saya ada 10 lembar persis di gambar itu.
    Klu adaa yg ingin tw bisa maen ke rmh sya/kirim gambar via wa/bb juga bisa
    Imam wahyudi-blitar jatim 085 815 553 582
    Pin bb=574972FB

    BalasHapus
  48. Tapi saya adaa lho broo...saya ada 10 lembar persis di gambar itu.
    Klu adaa yg ingin tw bisa maen ke rmh sya/kirim gambar via wa/bb juga bisa
    Imam wahyudi-blitar jatim 085 815 553 582
    Pin bb=574972FB

    BalasHapus
  49. Z ad uang monyet thn 91 klw mnat in pinq 54516c1c

    BalasHapus
  50. sy mo jual uang 500 gmbr monyet gantung,klo ada yg minat hub081378929394

    BalasHapus
  51. sy mo jual uang 500 gmbr monyet gantung,klo ada yg minat hub081378929394

    BalasHapus
  52. sy jg mo jual kertas segel th lama,73,74,75,76,77,78,79,80,81,82,83,84,85,86,87,88,89,dll.mo brg antik jg ada, bambu pethuk mo d jual cpt.ada jg yg msh di pohon blm di ambil.minat hub 081378929394

    BalasHapus
  53. apa yg ada mo cri hub sy, sy punya jrgn dmn"tp sbt kn brg yg ada cri dg bugjet ny.krm kn penawaran anda ke email andrico1983@gmail.com
    hp 081378929394

    BalasHapus
  54. 1 .Ayam cemani : 300 M / SS
    2. Anti bacok : 500 M / SS
    3. Anti cabe/pedas : 500 M / SS
    4. Anti cukur : 2 T / SS
    5. Anti panas : 300 M / SS
    6. Anti rasa : 800 M / SS
    7. Anti racun : 1 T / SS
    8. Anti tembak : 5 T / SS
    9. Bulu perindu ( seperti rambut) : 100 M / SS
    10: Bulu perindu ( bambu) : 300 M / SS
    11. Bambu tembus kumbang : 5 T / SS
    12. Bambu pethuk : 15 M/ gram SS
    13. Batu giok super : 25 M / kg SS
    14. Batu rubah : 150 M / SS
    15 . Blue safir ( batu biru) : 150 M / SS
    16. Blorong fisik : 15 T / SS
    17. Blorong fungsi : 50 T / SS
    18. BK/MUMI/JENGLOT : 3 T / SS
    19. BK/MUMI/JENGLOT fisik alami : 500 M / SS
    20. Cung pet : 200 M / SS
    21. Daun sirih hitam : 1 T / SS
    22. Keris berluk berdiri : 500 M / SS
    23. Keris 3 bayangan : 800 M / SS
    24. Kain anti bakar : 500 jt / cm2 SS
    25. Kantong macan : 1-15 T / SS
    26. Mustika air : 500 M / SS
    27 . Mustika lipan : 3 T / SS
    28. Merah delima : 150 M/ gelas SS
    29.Mani gajah : 9 M / gram SS
    30. Panca warna : 300 M / SS
    31. Uang soekarno Rp. 1000 tahun 1964 : 5 M / lembar SS
    32. Samurai selendang : 7-17 T / SS
    33. Samurai roll : 30-50 T / SS...( harga di lihat dari tombol nya. Â) Â
    34. Tokek 45 cm Up aman : 2 T / ons SS


    Jika merasa ada yang memiliki nya
    Bisa langsung menghubungi saya
    Di nomor ini 083874966790 ( whatsapp)
    Simpati 081319467344
    Pin bbm 2bb1753d ( DONI)
    " ONLINE 24 JAM "
    Sekian dari saya terima kasih

    BalasHapus
  55. Ada yg pnya 500 monyet gelantung tahun 80-81 gak ?? Kalo ada hub.087883033978
    Pin:5C863128

    BalasHapus
  56. Ada yg pnya 500 monyet gelantung tahun 80-81 gak ?? Kalo ada hub.087883033978
    Pin:5C863128

    BalasHapus
  57. saya ada bos uang asli 500 rupiah tahun 1991,,lokasi daerah sumbawa ntb
    pin bb 2B3115EF

    BalasHapus
  58. saya ada bos uang asli 500 rupiah tahun 1991,,lokasi daerah sumbawa ntb
    pin bb 2B3115EF
    NO HP 081909274033

    BalasHapus
  59. nih saya ada uang kertas 500 tahun 1991 monyet gantung, kalau ada yg minat call 083870200856

    BalasHapus
  60. Sya ad uang kertas 100,th 1977,1984,1992, dan 500 th 1992 minat hun 085250649562

    BalasHapus
  61. saya'punya uang'500'gmbr'orang utan thn.1992.minat hub.082210101347

    BalasHapus
  62. Saya punya uang 500 gambar monyet gelantungan,rumah adat kalimantan timur,1991,,berminat hubungi 081311452986,,,cuma 1 lembar saya punya,,,daerah cikampek / jatisari

    BalasHapus
  63. Saya punya uang pecahan 500 gambar monyet gelantungan,rumah adat kalimantan timur,tahun 1991,cuma 1 lembar,,kalau ada yg berminat hubungi 081311452986,,08568507878,,7E8FF834

    BalasHapus